Tempat Pinjaman Syariah Online Terpercaya (Yang Terdaftar OJK)

Mandala

Tempat Pinjaman Syariah Online Terpercaya (Yang Terdaftar OJK)
Pinjaman Online saat ini sangat marak dan ramai bagiakan sprint, pada tahun 2017 saja hanya berjumlah 10, namun tahun 2019 jumlah itu terus meningkat dan saat ini jumlahnya telah mencapai 113 perusahaan.

Pinjaman syariah online adalah P2P berbasis Syariah yang tidak hanya menawarkan pinjam meminjam sesuai Syariah tetapi juga alternatif investasi dengan keuntungan lebih tinggi melalui mekanisme bagi hasil.

Indonesia mayoritas Muslim, tetapi jumlah P2P pinjaman Syariah online terdaftar di OJK baru berjumlah 7 entitas.

Apa ketujuh entitas tersebut dan bagaimana produk pinjaman uang syariah yang ditawarkan? Apakah ada pinjaman tanpa jaminan syariah?

Dalam daftar P2P Lending yang dirilis secara rutin, OJK salah satunya mengklasifikasikan P2P menjadi konvensional atau syariah.

Berdasarkan daftar OJK tersebut, menunjukkan sudah 7 perusahaan P2P berlabel Syariah, yang menjual pinjaman uang syariah.


Tempat Pinjaman Syariah Online Terpercaya (Yang Terdaftar OJK)

Secara umum, pinjaman Syariah online menjanjikan sebagai alternatif produk investasi. Tidak hanya karena sesuai ajaran Agama Islam, dan juga memberikan keuntungan yang lebih besar lagi.

Mari kita lihat Tempat Pinjaman Syariah Online Terpercaya.

Ammana

Ammana adalah pinjaman Syariah online P2P milik PT Ammana Fintek Syariah, yang menghubungkan pendana/lender dengan peminjam/borrower. Fokus peminjam adalah UMKM yang membutuhkan modal usaha melalui program pendanaan bersama.
Saat ini, Ammana sudah kerjasama PKS dengan 60 mitra keuangan mikro Syariah. Penyaluran Ammana dilakukan melalui mitra ini ke para peminjam. Di setiap pendanaan, Ammana mencantumkan siapa mitra yang di gandeng dalam menyeleksi calon peminjam.

Berbeda dengan P2P lain, pinjaman Ammana menerapkan sistem non direct funding yaitu pelaku UMKM wajib menjadi bagian/anggota dari mitra keuangan syariah mikro yang terdaftar di Ammana yang berfungsi sebagai lembaga kurasi kelayakan usaha UMKM yang akan didanai bersama para lender/pendana melalui skema crowdfunding/pendanaan.

Dengan kata lain, mitra ini yang menyeleksi calon peminjam sebelum.

Baca juga : Memilih Jasa Wrap Stiker untuk Branding di Mobil yang Bagus

Investree

Investree adalah perusahaan pelopor P2P di Indonesia. Setelah berkembang lewat pinjaman konvensional, Investree menawarkan P2P berbasis Syariah. Investree menawarkan baik dari sisi pendanaan maupun dari sisi pembiayaan secara Syariah.

Cara pengajuan pembiayaan Syariah

(1) Daftar online di situs Investree
(2) Isi rincian data pribadi — termasuk invoice dan dokumen legalitas perusahaan
(3) Aplikasi pembiayaan akan dianalisis dan diseleksi melalui sistem credit-scoring
(4) Setelah aplikasi tersebut disetujui, pembiayaan akan ditampilkan di marketplace Investree.

Pinjaman Syariah yang ditawarkan Investree adalah pembiayaan modal kerja atas tagihan berjalan. Boleh dikatakan produk Syariah Investree adalah pinjaman produktif untuk usaha dan bukan untuk konsumtif, dimana tujuannya adalah pinjaman dana tanpa riba.

Jenis invoice yang menjadi prioritas Investree adalah yang ditujukan kepada Payor berupa perusahaan besar, contohnya perusahaan multinasional, institusi yang terdaftar di bursa saham, atau instansi pemerintahan.

Danasyariah

Danasyariah ( www.dana syariah.id) mewakili pemilik dana dalam melakukan kajian dan penyaringan yang komprehensif dan hati-hati terhadap proyek bisnis maupun perorangan yang akan diberikan Pembiayaan.

Danasyariah adalah P2P besutan PT Dana Syariah Indonesia yang menawarkan pinjaman Syariah online dengan menyediakan Layanan Pendanaan Syariah dan Pembiayaan Syariah bagi Pemilik Usaha dan Perorangan.

Dengan tujuan mendapatkan manfaat dan Bagi Hasil yang Halal serta terhindar dari unsur Maisir, Gharar dan Riba.

Bentuknya pinjaman dana proyek dan kerjasama investor.

Produk yang ditawarkan di platform P2P Syariah ini adalah Pendanaan Syariah dan Pembiayaan Syariah.

Pendanaan Syariah

Pemberi Dana akan menerima bagi hasil pada setiap tanggal yang sudah ditentukan. Pemberi Dana juga akan menerima pengembalian pinjaman pokok sesuai jadwal pengembalian pinjaman pokok yang disetujui dan proyek selesai dan hutang piutang selesai.

Caranya :

Daftar menjadi member dari Dana Syariah melalui portal Dana Syariah dan bersedia tunduk dan menyetujui terhadap syarat dan ketentuan keanggotaan.

Kemudian, memilih usaha-usaha yang sedang dilakukan penggalangan dana oleh Dana Syariah dan menempatkan dana pada usaha yang sesuai dengan preferensi Pemilik Dana.

Duha Syariah

Duha menggunakan aplikasi pinjaman online yang bisa diunduh di Google Playstore. Setiap pengajuan pinjaman harus melalui aplikasi pinjaman online ini agar bisa mengajukan pinjaman pribadi tanpa riba.

Duha Syariah adalah platform P2P terdaftar OJK yang mempertemukan Pemberi Pembiayaan dengan Penerima Pembiayaan untuk membeli barang atau jasa berdasarkan prinsip Syariah (Bebas riba).

Pendanaan Syariah Duha

Duha Syariah membuka kesempatan bagi investor menanamkan dana sesuai ketentuan prinsip Syariah lewat platform P2P.

Pembiayaan Duha Syariah hanya ditujukan untuk hal-hal yang halal. Tidak dapat membiayai pembelian barang seperti minuman keras/beralkohol, makanan tidak halal.

Duha Syariah tidak memberikan pinjaman dalam bentuk uang tunai. Kami fokus pada pembiayaan untuk konsumtif (pembelian barang/jasa), perjalanan Umroh, dan wisata halal.

Persyaratan pengajuan pinjaman

(1) Bekerja pada perusahaan/institusi yang bekerja sama dengan Duha Syariah melalui skema potong gaji. Silahkan hubungi Customer Service kami melalui email di cs@duhasyariah.com atau telepon ke 021-29333456 untuk informasi lebih lanjut.
(2) Download apps Duha Syariah dan login dengan nomor handphone.
(3) Lengkapi informasi pribadi dan Bersedia memberikan mutasi Rekening Tabungan (Rekening Koran) 1 bulan terakhir
(4) WNI Umur minimal 21 tahun atau kurang 21 tahun tetapi sudah menikah
(5) Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Lampung, Palembang, dan Nusa Tenggara Barat.
(6) Memiliki penghasilan tetap (bersih) minimal Rp 3 juta per bulan

Baca juga : Produk untuk Membuat Jenggot dan Jambang jadi Lembut dan Mudah Diatur

alamisharia

Alamisharia adalah perusahaan P2P terdaftar OJK yang berbasis Syariah, yang mempertemukan UKM dengan pemberi pembiayaan.

Jenis pembiayaan adalah invoice financing mulai dari Rp 50 juta sampai dengan Rp 2 Miliar.

Proses Pengajuan Pinjaman

ALAMI akan menerima pengajuan pendanaan anjak piutang dari UKM pada platform. Kemudian ALAMI akan melakukan credit scoring terhadap UKM yang mengajukan.

Credit Scoring didasarkan pada analisa kualitatif dan kuantitatif. Analisa kuantitatif didasarkan pada laporan keuangan dan rekening koran. Analisa kualitatif didasarkan pada riwayat historis dan juga analisa kunjungan ke tempat usaha.

Setelah mendapatkan hasil skoring, ALAMI akan memberikan penawaran perjanjian pembiayaan. Setelah peminjam setuju, maka permohonan pembiayaan akan segera masuk ke dalam listing dalam jangka waktu paling lambat 14 hari kerja.

Setelah dana terkumpul maka akan segera disalurkan kepada UKM bersangkutan dan pelunasan akan dilaksanakan sesuai dengan jatuh tempo yang dijanjikan.

Dalam marketplace P2P Alami, jangka waktu listing pembiayaan maksimal adalah 14 hari kerja. Apabila dana yang terkumpul sudah lebih dari 55% maka pembiayaan dapat diteruskan kepada UKM.

Namun apabila kurang dari 55% terkumpul maka UKM memiliki pilihan untuk membatalkan pengajuan pembiayaan, tetap mengambil pembiayaan yang terkumpul, atau memperpanjang jangka waktu listing.

Apabila sebelum 14 hari kerja dana sudah terkumpul maka dana akan segera disalurkan maksimal 2 hari kerja dari dana terkumpul. Apabila dana sudah terkumpul atau sebelum 14 hari kerja listing UKM membatalkan secara sepihak maka Anda wajib membayar atas jasa yang telah dilakukan oleh ALAMI.

Pinjaman Syariah Alami

Pembiayaan di Alami adalah invoice financing atau anjak piutang. Calon penerima pendanaan (beneficiary) memiliki bukti tagihan (invoice) dapat mengajukan pendanaan.

Kriteria Peminjam
(1) Perusahaan berbentuk PT, CV, atau Yayasan yang menjalankan aktivitas operasional tidak bertentangan dengan syariat Islam
(2) Telah berdiri minimal 1 tahun dan berlokasi di Jabodetabek
(3) Perusahaan bersedia melampirkan rekening koran dan laporan keuangan minimal 6 bulan terakhir
(4) Memiliki giro mundur dan jaminan personal untuk dijaminkan.

Berdasarkan bukti tagihan invoice, ALAMI akan menawarkan kepada calon Pendana (funder) untuk memberikan pembiayaan dengan akad wakalah bil ujrah disertai dengan dana talangan dengan akad qardh.

Reference

: [Duwitmu.com]
Mandala

Comments

Write your comment!