Belajar Bisnis Plan dan Cara Membuat Bisnis Plan dengan Mudah

Eko Dikul

Belajar Bisnis Plan dan Cara Membuat Bisnis Plan dengan Mudah
Tanpa mereka sadari, sebenarnya bisnis plan inilah dokumen penting yang bisa memperlancar jalannya usaha. Banyak kelebihan yang bisa kita raih dan kita dapat dari membuat dan belajar Bisnis Plan.

Bisnis plan seringkali diremehkan keberadaannya oleh pebisnis terutama pemula. Nah bagi anda yang mungkin belum begitu faham akan bisnis plan, Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai bisnis plan, hingga contoh bisnis plan yang sederhana.

Bisnis Plan adalah?

Bisnis Plan adalah gambaran atau rencana yang dibuat untuk menjalankan sebuah usaha. Di dalam bisnis plan terdapat aspek penting misalnya latar belakang usaha, visi, misi, bentuk produk, rencana pemasaran, dan lain sebagainya.

Atau bisa dijelaskan menurut Hisrich dan Peter yang merupakan ahli dalam bidang kewirausahaan, menyebutkan bahwa bisnis plan adalah sebuah dokumen.

Baca juga : Belajar Bisnis Plan dan Cara Membuat Bisnis Plan dengan Mudah

Banyak orang yang menyepelekan dokumen ini, padahal Investor tidak akan mudah menaruh investasi di usaha baru bukan? Apalagi jika pimpinannya tidak bisa menunjukkan proposal bisnis plan dan mempresentasikannya dengan baik.

Hal inilah yang membuat sulit ketika ia harus menjelaskan prospek bisnis kepada calon investor. Kebanyakan investor akan minta dokumen ini sebagai bentuk kejelasan apakah usaha akan berjalan dengan baik.

Dokumen ini bisa menjadi rencana cadangan atau sebagai aspek yang menunjang seorang pimpinan usaha menunjukkan rencana bisnis (Bisnis Plan).

Mengapa dan Alasan Harus Membuat Bisnis Plan

Sebelum membuat contoh bisnis plan pebisnis harus memahami alasan membuatnya. Berikut adalah beberapa alasan mengapa usaha baru harus dilengkapi dengan bisnis plan.

Membantu Mendapatkan Investor atau Modal

Modal tak selamanya harus didapatkan sendiri. Ketika awal bisnis mungkin ada sejumlah uang yang perlu dipersiapkan.

Saat inilah pimpinan harus mencari investor atau pinjaman dana. Bisnis plan, merupakan satu dokumen yang diperlukan dalam proses ini.

Fungsinya adalah untuk menunjukkan bahwa bisnis tersebut didirikan atas dasar riset dan berbagai persiapan. Bisnis bukan hanya sekedar keinginan pimpinan, namun juga merupakan hasil pemikiran yang panjang.

Dengan menggunakan dokumen ini, investor bisa memahami jalan pikiran pebisnis dan memutuskan apakah ini adalah tempat yang tepat untuk menanam modal atau bukan.

Apabila posisi perusahaan anda sudah berjalan dan membutuhkan tambahan modal maka perusahaan anda membutuhkan pembukuan keuangan yang sangat baik dalam bentuk Laporan keuangan perusahaan.

Mempermudah untuk Evaluasi

Proses ini adalah perbandingan antara kriteria yang sudah ditentukan dan hasil yang diperoleh.

Kriteria yang dimaksud dalam bisnis, adalah rencana awal yang memuat tujuan bisnis. Ini semua berada dalam dokumen bisnis plan.

Dari rencana yang tertulis, akan dilihat berapa persen yang sesuai dengan perkiraan. Kemudian mana yang sudah berada di jalur yang benar, dan aspek mana yang harus diperbaiki.

Bisnis plan, dalam hal evaluasi berfungsi sebagai standar atau pedoman penilaian. Dari hasil evaluasi inilah, bisnis kemudian bisa diperbaiki atau dijalankan dengan lebih bijak.

Setelah anda mengetahui alasan dan pentingnya untuk membuat bisnis plan, kira2 apakah anda perlu contoh atau cara membuatnya? Maka kali ini Toples akan bantu anda dalam membuat atau memberikan contoh bisnis plan itu seperti apa.

Cara Membuat Bisnis Plan

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan pimpinan saat merumuskan contoh bisnis plan.

Buat Deskripsi Produk

Selanjutnya yang perlu disiapkan dalam contoh bisnis plan adalah membuat deskripsi produk. Jelaskan mengenai bagaimana bentuk produk.

Jika makanan, maka berikan penjelasan mengenai bahan utama, variasi rasa, ukuran kemasan, dan lain sebagainya. Deskripsikan kelebihan dan kekurangan produk.

Jika ada kekurangan, akan lebih baik jika dokumen juga memuat solusi. Misalnya, masa kadaluarsa hanya 3 hari karena tidak menggunakan bahan pengawet.

Maka berikan solusi misalnya makanan diberikan bungkus yang kedap udara, dan lain sebagainya. Hampir semua produk memiliki kelemahan, maka jangan ragu untuk menyebutkannya namun perlu disertai dengan solusi.

Rumuskan Tujuan Bisnis

Hal yang paling penting saat membuat bisnis plan adalah menentukan tujuan. Apakah tujuannya untuk membuat profit yang besar? Atau untuk alasan kemanusiaan dan lain sebagainya.

Tujuan bisnis bisa juga dituliskan menjadi visi dan misi. Keduanya berguna untuk memudahkan pembaca dalam mengingat cita-cita perusahaan.

Buat Prediksi Pemasaran

Selanjutnya, yang juga penting dalam pemasarab adalah tekniknya. Apakah akan dipasarkan secara offline, atau online.

Jika online, media mana saja yang akan digunakan? Misalnya melalui media sosial, marketplace, aplikasi chat, atau kerjasama dengan aplikasi lain seperti ojek online, dan sebagainya.

Rinci semua tempat beriklan. Termasuk berapa jumlah brosur, spanduk, dan letak pemasangannya jika penjualan terjadi melalui toko offline saja.

Rinci juga seperti apa tempat yang akan dipakai jika harus mendirikan toko atau warung. Rencana ini akan terkait dengan strategi pemasaran sebab berkaitan dengan lokasi.

Rinci Sumber Dana

Dokumen bisnis plan yang juga merupakan hal penting adalah sumber dana. Ketika merumuskan rencana bisnis, akan dihitung juga berapa jumlah dana yang dibutuhkan untuk sekali produksi.

Rinci setiap kebutuhan kemudian jumlahkan. Setelah terjumlah, maka mulai rinci dari mana dana diperoleh. Misalnya 50 persen sudah ada berupa tabungan pribadi. Kemudian sisanya dari investor atau tabungan pendiri lain.

Dari sini juga akan diketahui bagaimana pembagian profit nantinya.

Bagaimana menurut anda sebagai pembaca, apakah cara membuat bisnis plan diatas cukup jelas? Kami rasa untuk contohnya bisa kami berikan esok hari saja, sebab kami cukup sulit untuk memberikan contoh sederhana dari bisnis plan.
Eko Dikul
Eko Dikul Hi, I'm Sidikul, as the designer of this blog and I really like to make web design, art and vectors

Comments

Write your comment!

Dapatkan update artikel terbaru dari Toples lewat email. GRATIS!