Sebab yang mungkin bisa menjadi masalah utama kita ingin membuka usaha adalah karena beberapa faktor baik itu faktor internal dan eksternal. Sehingga memicu semangat untuk terjun dalam dunia usaha baik itu kuliner, jasa atau pun manfacture.

Semua itu ada sebabnya mengapa orang ingin terjun bebas menjadi seorang pengusaha, seperti contohnya:
  1. Ingin memiliki penghasilan lebih
  2. Tidak ingin terikat waktu
  3. Punya cita-cita menjadi boss
  4. Ingin merubah nasib
  5. Melihat peluang bisnis
  6. Punya modal lebih
  7. Karena bosan menjadi karyawan
Tapi masalahnya, untuk memulai usaha baru tidak semudah yang dibicarakan. Justru yang sering terjadi adalah banyaknya kegagalan saat menjalankan usaha yang baru dirintisnya.

Perahnya lagi, setelah gagal biasanya orang trauma untuk kembali bangkit dari keterpurukan usahanya. Menyedihkan sekali memang.

Akhirnya apa?

Biasanya mereka yang gagal akan kembali ke kehidupan awal, menjadi karyawan lagi atau mungkin malah menganggur. Itu merupakan hukum alam manusia namun coba deh kamu muai aja pelan-pelan.
Atau kalau kamu memang kurang mantap untuk memulai usaha lebih kamu mencari potensi diri terlebih dahulu, atau bisa membaca buku atau tips untuk memulai usaha sendiri walay tanpa modal.

Tips untuk Memulai Usaha Sendiri

Ini adalah langkah awal yang peru kamu lakukan untuk memulai usaha sendiri, meskin hanya bermodalkan semangat dan juga kerja keras, namun kamu percaya bahwa apa yang kamu kerjakan akan bisa menghasilkan.

Awalnya adalah,

Temukan ide usaha

Dalam usaha, mempunyai mimpi saja tentu mustahil bisa terwujud tanpa adanya sebuah action. Dalam membuka usaha sendiri, ide-ide usaha harus menjadi pertimbangan anda selanjutnya.

Mengapa sebuah ide bisa menjadi penting? Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ide/gagasan adalah rancangan yang tersusun dipikiran. Artinya sama dengan cita-cita.

Gagasan dalam kajian Filsafat Yunani maupun Filsafat Islam menyangkut suatu gambaran imajinasi utuh yang melintas cepat. (Wikipedia) Ide biasanya terbentuk karena sesuatu hal yang dilihat, didengar dan dirasakan.

Satu hal:

Akan lebih baik jika usaha yang akan anda bangun adalah sesuai dengan apa yang anda bisa dan anda sukai.

Maksudnya begini,

Misalnya ide usaha anda adalah membuka warung nasi, tapi kenyataannya anda sendiri tidak suka memasak. Bahkan anda tidak bisa dan tidak pernah memasak. Parahnya lagi, anda sama sekali tidak mengerti tentang kuliner.

Itu akan sulit berkembang. Bisa saja sih anda menyewa pekerja-pekerja yang sudah ahli dibidangnya, namun tentu dengan modal awal yang besar. Dalam memulai usaha baru, ini selalu menjadi pertimbangan.

Mungkin ini bukan hal yang wajib, tapi ini adalah hal yang baik untuk anda pikirkan lagi. Anda tentu tahu, usaha yang sukses selalu dibangun dengan ketulusan dan semangat pantang menyerah.

Bagaimana cara anda bisa semangat, jika yang anda lakukan tidak sesuai dengan apa yang anda sukai dan anda kuasai. Untuk itu, pertimbangkan ide usaha sebaik mungkin. Berusaha lebih mendengarkan apa kata hati anda daripada apa yang anda dengar dari luar.

Selain itu, ide usaha bisa datang dari sebuah hobi.

Melakukan bisnis yang disertai dengan hobi bisa menjadikan usaha baru tersebut lebih menyenangkan. Mengubah hobi menjadi peluang usaha, itu adalah yang paling banyak dicari.

Belajar dari ahlinya

Setelah mendapatkan dan menentukan ide usaha, baiknya anda mulai menyisihkan waktu untuk belajar tentang usaha yang ingin anda bangun. Ya, anda harus belajar dari ahlinya.

Begini,

Memulai usaha tentu bukan perkara gampang, apalagi usaha baru. Mimpi dan ide usaha saja tidak cukup hanya sebagai modal untuk membuka usaha sendiri.

Lakukan pendekatan-pendekatan pada seseorang yang berpengalaman dalam bidang usaha yang anda inginkan. Dalam hal ini, mungkin anda harus mengeluarkan sedikit uang untuk bisa mendapatkan ilmu sekaligus beberapa arahan dari mereka.

Menurut kami, itu bukan masalah.

Bahkan saat ini sudah banyak pelatihan-pelatihan yang sengaja diadakan beberapa orang/praktisi untuk memberikan ilmu dan pengalamannya pada orang-orang yang membutuhkannya. Tentu saja itu tidak gratis.

Kami pikir, hal ini sangat penting guna menambah wawasan dan petunjuk agar usaha yang ingin anda bangun lebih terarah dan tepat.

Mulai dari usaha kecil-kecilan

Bagi sebagian orang, modal selalu menjadi kendala saat dimulainya suatu usaha.

Nah bila anda salah satunya, maka coba pilih ide usaha yang sekiranya cukup dengan hanya modal kecil saja namun cocok dengan apa yang anda sukai.

Mungkin terlalu berlebihan jika ada orang bilang bahwa ada usaha yang benar-benar bisa tanpa modal sama sekali. Kami pikir itu juga bohong.

Semua usaha yang kita lakukan pada era sekarang sepertinya tidak ada yang gratis atau tanpa biaya. Ada beberapa bisnis yang bisa dilakukan dengan modal kecil. Yang banyak dilakukan orang saat ini salah satunya adalah berbisnis online.

Persiapkan modal

Seringnya sih kami mendengar keluhan dari sekian banyak orang yang ingin memulai usaha sendiri adalah tentang susahnya mendapatkan modal usaha. Alasan paling umum terdengar.

Ketika membicarakan rencana untuk mulai membuka usaha, hal pertama yang sering ditanyakan adalah berapa modal yang dibutuhkan.

Sebagian orang beranggapan bahwa modal selalu identik dengan uang. Padahal, sebenarnya modal hanya memiliki presentase 10% dari semua modal yang dibutuhkan entrepreneur untuk memulai bisnisnya.

Nah, karena faktor modal uang tadi sering kali menjadi alasan mereka sehingga mengurungkan niatnya memulai usaha. Pada akhirnya rencana membangun usaha cuma tinggal angan-angan. Tanpa ada hal yang dilakukan sama sekali.

Kami tidak pungkiri, bahwa modal uang memang sangat dibutuhkan untuk memulai usaha baru.

Namun, ketika hal tersebut menjadi benturan, tentu saja ada beberapa langkah lain yang yang tidak kalah pentingnya dalam merintis sebuah bisnis selain faktor uang tadi.

Apa saja kebutuhan modal untuk memulai usaha?
  1. Pengalaman
  2. Pengetahuan
  3. Keahlian
  4. Keberanian
  5. Konsep Usaha
  6. Relasi
  7. Kreatifitas
  8. Semangat
  9. dan yang terakhir adalah UANG
Selain modal uang di bagian terakhir, coba anda lihat apa semua modal di atas telah anda siapkan?

Itulah beberapa modal yang benar-benar harus dipersiapkan agar usaha yang anda bangun menemui kesuksesan. Jangan terlalu beralasan hanya tidak ada modal uang saja lalu anda menyerah.

Walau pada kenyataannya itulah yang memang selama ini terjadi, modal uang selalu saja menjadi poin pertama dan kerap menjadi sebuah alasan anda menyerah.

Action

Sehebat dan sebaik apapun segala persiapan, ide usaha dan kemampuan anda namun tidak ada realisasi yang nyata sebagai action anda maka nilai itu semua NOL.

Segeralah bertindak!

Segera mulai usaha yang anda rencanakan dengan penuh keyakinan dan ketekunan. Menjalankan sebuah usaha sendiri hingga bisa mencapai kesuksesan adalah membutuhkan perjuangan panjang.

Tindakan merupakan hal yang teramat penting dalam sebuah usaha. Anda butuh teori, tapi anda lebih memerlukan tindakan yang riil dalam membangun bisnis baru anda.

Action/tindakan jika dirangkum ternyata memiliki beberapa unsur penting, dan semua ini harus anda pahami sebagai calon pengusaha.