Sebelum merencanakan menghemat uang, kita harus tahu terlebih dulu apa saja faktor yang menyebabkan kita boros pengeluaran. Misalnya sering jajan tanpa perhitungan, gemar makan di tempat-tempat mahal, sering nongkrong di coffee shop, belanja online tiap awal bulan, dan berbagai hal lainnya yang sifatnya tersier.

Sebagai langkah untuk hemat anda bisa mengetahui terlebih dahulu kenapa bisa dikatakan hemat. Hemat tidak sama dengan pelit.

Apa itu hemat?

Hemat adalah sikap berhati-hati dalam menggunakan atau mengeluarkan uang, barang, tenaga, pikiran, atau waktu dalam mewujudkan cita-cita keadilan sosial masyarakat sebagai sarana hidup agar berfungsi memenuhi kebutuhan sebagai bangsa yang sedang membangun, tidak bersikap boros berarti bahwa dalam memenuhi keperluan sehari-hari.
Dari penjelasan diatas jelas bisa ditarik benang merahnya bahwa hemat merupakan langkah mengurangi hal-hal yang tersier dan lebih kepada mementingkan kebutuhkan premier untuk bisa bertahan dalam kurun waktu yang singkat.

Hal seperti ini sering dan biasa dialami mungkin kepada anda yang sedang berada di perantauan sehingga anda harus kos. Dimana kos adalah posisi dimana anda harus bisa melakukan penghematan pada pola hidup dan pola makan.

Salah satu langkah yang cukup ekstrim adalah melakuka penghematan dengan hanya bermodalkan uang 100 ribu untuk bisa bertahan dalam kurun waktu 1 bulan.

Memang hal gila jika anda membayangkannya, namun hal ini sepertinya bisa saja dilakukan, sebab kita tahu bahwa saat ini kita bisa memasukkan dan menggunakan fasilitas umum dan kampus ke dalam list dalam langkah penghematan ini.

Cara Hemat Uang 100 Ribu buat 1 bulan

Melakukan penghematan ini juga merupakan salah satu cara mengatur keuangan agar tidak boros. Nah, berikut uraian selengkapnya untuk cara menghemat uang 100 ribu rupiah untuk sebulan :

#1. Masak nasi sendiri
Jika posisinya sebagai anak kost, ada baiknya memiliki alat untuk memasak nasi. Akan lebih hemat jika memasak nasi sendiri dibandingkan dengan membelinya. Hal ini bisa menjadi salah satu cara mengatur keuangan anak kost paling mudah dilakukan.
Selain itu, kita bisa makan nasi sesuai porsi. Jika nasi sudah terjamin, maka untuk mencari lauknya pun akan lebih mudah. Tidak mustahil jika uang 100 ribu rupiah bisa kita hemat semaksimal mungkin dalam sebulan.

#2. Biasakan bawa air minum sendiri dari rumah
Jangan malu untuk membawa air minum sendiri dari rumah. Banyak yang tidak menyadari bahwa membeli air minum ternyata bisa membuat pengeluaran membengkak. Asumsikan untuk air minum sebesar 3 ribu rupiah per hari.

Maka jika dihitung untuk satu bulan, kita harus mengeluarkan 90 ribu rupiah hanya untuk membeli air minum saja. Maka agar bisa menekan pengeluaran, bawalah air minum dari rumah jika hendak bepergian.

#3. Untuk internet manfaatkan Wifi gratis di tempat umum
Salah satu hal yang membuat pengeluaran membengkak adalah kebutuhan internet. Memang untuk saat ini banyak tersedia paket internet murah. Bahkan hanya dengan 25 ribu rupiah saja kita sudah bisa menggunakan akses internet.

Namun jika budget yang kita miliki hanya 100 ribu untuk sebulan, alangkah baiknya untuk menghemat penggunaan internet dengan memanfaatkan wifi.
Kita bisa pergi ke perpustakaan. Sembari belajar, kita bisa memanfaatkan jaringan wifi gratis yang tersedia. Atau jika berada di fasilitas umum lain, jangan lupa untuk memanfaatkan wifi disana.

Karena menggunakan fasilitas umum, alangkah bijaknya untuk tidak sembarangan membuka konten karena rentan terkena hack.

#4. Pilih menu makan sederhana
Untuk anak kost, sebaiknya pilih menu-menu sederhana untuk dijadikan lauk. Uang 100 ribu rupiah bisa dihemat dalam sebulan dengan catatan sudah ada beras yang cukup untuk satu bulan. Jadi kita tinggal membeli lauk sebagai teman makan.

Pilih lauk yang tidak cepat basi. Misalnya orek tahu dan tempe. Kita bisa membeli lauk untuk makan pagi dan makan siang agar lebih hemat. Atau bila ingin cukup bisa anda membeli telur beberapa kita seperti telur 1 atau 2 Kg sebagai antisipasi hidup hemat anda.

#5 Batasi penggunaan bahan bakar kendaraan
Bahan bakar kendaraan juga begitu besar memakan pengeluaran. Agar pengeluaran terpangkas, batasi penggunaan bahan bakar untuk motor sebesar 10 ribu rupiah untuk satu minggu.

Jika dalam satu bulan, berarti uang untuk membeli bahan bakar kendaraan kisaran 40 ribu rupiah. Ini berarti anda masih memiliki sisa 60 ribu rupiah untuk sebulan.

Jika tempat yang akan didatangi relatif dekat, anda bisa berjalan kaki saja. Atau jika memang ada teman yang bisa ditumpangi kendaraan, anda bisa menumpang kendaraan teman sekalian menghemat bahan bakar.

#6. Cuci baju sendiri
Kunci untuk berhemat lainnya adalah dengan melakukan sendiri hal-hal yang sebenarnya bisa dikerjakan sendiri. Misalnya mencuci baju. Jangan turuti rasa malas dengan mencucikan baju di binatu atau laundry.

Kita bisa menghitung untuk biaya laundry sekitar 3 ribu untuk satu kilonya. Misalnya dalam satu minggu kita bisa mengeluarkan uang 30 ribu rupiah hanya untuk me-laundry pakaian saja. Tentu lebih baik dihemat dengan membeli sabun cuci sendiri dan mencucinya setiap hari.

Meskipun sedikit melelahkan, setidaknya kita bisa menghemat uang hingga 30 ribu rupiah untuk satu minggunya. Ini adalah solusi untuk anda yang melakukan hidup hemat. Coba pikir kembali bukannya dengan anda menyuci baju sendiri makan anda juga melakukan olahraga?

#7. Tahan diri untuk jajan
Jajan adalah musuh terbesar anda saat melakukan hidup hemat dengan 100 ribu untuk 1 bulan. Karena godaan jajan akan sangat banyak dan berat, sehingga anda harus bisa menahan diri terhadapa godaan tersebut.

Untuk budget 100 ribu rupiah dalam satu bulan, maka kita harus menghematnya untuk kebutuhan primer terlebih dulu. Maka tahanlah diri untuk jajan. Agar kita bisa tahan untuk jajan, sebelum keluar rumah haruslah dalam keadaan kenyang.

Biasakan makan terlebih dulu agar keinginan untuk jajan tidak begitu besar. Karena saat anda jajan terlebih dahulu maka anda akan lebih boros dalam menggunakan uang.

#8 Biasakan bawa bekal sendiri dari rumah
Seperti halnya membawa minum sendiri dari rumah, kita bisa membawa bekal makanan dari rumah. Tujuannya agar keinginan untuk jajan terpangkas karena sudah ada bekal. Misalnya jika kita anak sekolah atau mahasiswa, jangan malu atau sungkan makan siang dengan bekal dari rumah.
Hal ini juga berlaku bagi karyawan kantor agar pada saat jam makan siang kita tidak mengeluarkan uang untuk membeli makanan.

Langkah ini terbilang berhasil dalam menghemat uang anda yang biasanya digunakan untuk jajan, dll. Sehingga dengan anda membawa bekal maka anda tidaklah perlu membeli makanan lain diluar.

Demikian cara yang tepat untuk anda yang ingin mencoba atau memang melakukan hemat yang ekstrim. Sebab biasanya dengan uang 100 ribu untuk 1 bulan anda perlu persiapan mental juga perlu persiapan yang cerdas untuk bisa bertahan dalam kurun waktu 1 bulan.