Tips dalam membuat blog agar bisa menjadi sukses memanglah begitu banyak bisa kita jumpai di jagad Internet. Dengan isi yang semuanya hampir sama dan tergolong hanya di putar-putar serta dengan menyelewangan tulisan yang kurang sesuai. Inilah jagad Internet kita yang membagikan isi dari yang telah ada.

Namun kita juga perlu tahu bahwa ada sebuah konten original atau asli dari yang telah berpengalaman serta telah menerapkan strategi ini pada setiap membuat blog.

Mungkin dari media yang telah ada menurut beliau semua media di internet perlu wadah untuk bisa membina media tersebut untuk menjadi sebuah startup dan juga bisnis. Maka lahirlah StartupBisnis.

Apa itu StartupBisnis ?

StartupBisnis adalah media yang mengedukasi pengusaha bisnis online dan startup Indonesia untuk membangun bisnisnya.

Itulah pengertian StartupBisni, saatnya anda bekenalan dengan CEO dibalik StartupBisnis yang ia bangun hingga menjadi sukses.

CEO StartupBisnis

Membuat Blog Sukses Rhein Mahatma
Inilah foto atau jepretan gambar beliau. Belaiu ini memiliki nama Rhein Mahatma yang entah siapa nama panggilannya namun tidak peduli siapa ia di panggil namun kita percaya pada hasil karya yang telah beliau buat yaitu blog StartupBisnis atau bisa dikatakan saat ini adalah media online.

Namun sayaangnya saat ini StartupBisnis telah berhenti beroperasi.

Tapi itu bukan masalah, yang kita bisa ambil belajar saat ini adalah strategi juga pengalaman dari beliau yang masih bisa kita dengar dan baca saat ini.

Strategi Tips Membuat Blog Rhein Mahatma — StartupBisnis

Dalam dunia blogging tidak akan lepas dari nama Rhein Mahatma, yang merupakan CEO terdahulu dari StartupBisnis. Kita bisa belajar banyak dari beliau yang telah dulu sukses membangun blog StartupBisnis.

Dengan kutipan beliau ini kita bisa mengambil sebuah titik terang bagaimana untuk membuat blog yang sukses, serta dengan beberapa sisipan pengalaman dan strategi yang ia taruh pada setipa paragraf kutipan berikut.

Inilah kutipan yang telah ia tulis pada wawancara http://panduanim.com/tips-membuat-blog/. Semoga bisa menginspirasi kamu untuk membangun blog yang benar.

1. Menyasar 2 target sekaligus :

Pertama, manusia.

Selalu bayangkan bagaimana konten Anda menjadi sebuah buku best seller di Gramedia (katanya sih kalau laku minimal 3000 buku bisa disebut best seller), dibeli banyak orang dan dibawa orang ke tempat tidur, dibaca sebelum tidur (karena saya selalu terkenang masa kecil saya sering baca buku sebelum tidur).

Kedua, search engine. Mengandung keyword yang anda target.

2. Memecahkan masalah penting yang dihadapi pembaca Anda, jika memungkinkan Anda bisa mengubah hidup orang banyak lewat konten Anda dan membuat orang lain lebih sukses.

3. Selalu punya target membuat konten yang terbaik di industry yang anda geluti.

Untuk memastikan konten anda terus berkembang dan berevolusi dengan progresif, perhatikan konsep 70 20 10:

70% konten basic/how to/kebutuhan dasar (jenis konten yang biasanya akan membentuk branding anda). 20% konten yang sedikit mengambil risiko (yang potentially menjadi the next 70%) 10% konten high risk yang sama sekali baru.

4. Konsistensi.

5. Selalu mencari channel-channel baru, jika mendapatkan channel baru yang belum saturated, segera naikkan budget Anda di channel tersebut.

6. Partnership untuk building brand. Bisa jadi brand yang anda bangun suatu hari memiliki valuasi besar. Pada umumnya blog yang bukan personal brand (nama-anda.com) selain lebih mudah untuk membangun partnership, juga lebih mudah untuk mendorong UGC (user generated content).

7. Kalau bisa jangan terlalu nge-gank. Alias setiap bikin meetup atau nulis konten hanya melibatkan/menulis tentang segelintir pelaku industry saja.

8. Selalu mencari dan meng-exploit / meng-close gap di industry dengan konten Anda (bahasa lain : memecahkan masalah)

9. Selalu mem-benchmark pada orang-orang di atas anda.

Misalnya jika saat ini sudah punya cukup banyak uang dengan bekerja 3-4 jam sehari, cari tahu kenapa & bagaimana caranya ada beberapa orang yang bekerja 16 jam sehari dan memiliki perusahaan dengan nilai triliunan dalam 3 tahun.

(note : tips ini hanya cocok untuk yang ingin change the world. Tidak cocok untuk yang ingin hidup santai banyak uang).

10. Pahami berbagai macam bisnis model media (blog itu media kan?) termasuk kenapa beberapa media diakuisisi. kenapa Amex mengakuisisi OpenForum? kenapa News Corp (Rupert Murdoch) mengakuisisi VCCircle di India? kenapa BuzzFeed diinvest Andressen Horowitz? kenapa TechCrunch diakuisisi AOL?

Dengan memahami ini mindset anda akan lebih holistik.

Mungkin dari sekian banyak media online yang ada saat ini, StartupBisnis ini saja yang sudah tutup dan tidak beroperasi. Kami juga belum mengetahui apakah motif juga sebab mengapa StartupBisnis di tutup.

Tapi kita bisa mengambil kesimpulan bahwa yang telah tiada bukan berarti tidak ada apa-apa yang tertinggal namun ada pesan yang masih bisa kita baca untuk dipelajari.

Reference : http://panduanim.com/tips-membuat-blog/